ahmad.umam.m's blog
3 Jun 2014

pengemis = penganguran

Author: ahmad.umam.m | Filed under: Uncategorized

Walaupun sudah 69 tahun merdeka tetapi kenyataan bahwa indonesia masih tergolong negara yang miskin tak bisa dipugkiri. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya orang – orang  yang masih pengganguran dan orang – orang yang taraf hidupnya bisa dibilang miskin meskipun mereka sudah bekerja. Jumlah orang miskin yang besar ini yang menyebabkan indonesia dapat dikategorikan sebagai negara yang miskin. Disamping dua  yang disebutkan di atas yaitu masyarakat yang pengangguran dan ataupun yang sudah bekerja tetapi masih bisa dibilang miskin, terdapat juga orang – orang yang hanya menggantungkan hidupnya dari meminta – minta dari orang lain, atau yang sering kita sebut dengan sebutan pengemis. Orang – orang ini juga menjadi penyumbang dari kemiskinan dari negara ini.

Mengemis merupakan profesi yang merugikan masyarakat dan negara. Dengan banyaknya pengemis yang ada mengakibatkan jumlah pengangguran juga ikut bertambah hal ini akan berdampak pada perekonomian nasional yang juga akan semakin menurun. Untuk masyarakat , pengemis juga dianggap sebagai orang yang bisa disebut dengan orang yang menyebalkan karena mereka seenaknya sendiri meminta –minta uang dari kita padahal kita sudah bersusah payah bekerja untuk mencari uang tersebut, seharusnya mereka juga sadar akan jeripayah orang yang mereka minta – mintai uang dan mereka memiliki motivasi untuk bekerja seperti halnya orang  – orang yang mereka minta –mintai.

Kenyataan yang mengherankan pada saat ini adalah mengemis dapat menghasilkan uang yang sangat banyak bahkan melebihi orang yang benar – benar bekerja siang malam seperti buruh. Di surabaya diketahui bahwa terdapat seorang pengemis yang dapat mengasilkan uang 15juta dalam sebulan hanya dengan mengemis. Hal ini menjadi fakta yang memperhatinkan karena buruh saja hanya digaji sekitar 1-2 juta perbulan tetapi pengemis dapat menghasilkan 15 juta dalam sebulan. Hal yang ditakutkan dari penemuan ini adalah para pekerja yang gajinya kecil ingin menjadi pengemis juga, dampak dari hal tersebut adalah bertambahnya pengangguran dan dapat menjadikan negara ini semakin miskin. Oleh karena itu sebagai langkah preventif untuk menangulangi hal tersebut adalah membuka lapangan pekerjaan yang sebanyak –banyaknya sehingga pengemis dapat bekerja layak dan pengganguran dapat menurun.

Leave a Reply