ahmad.umam.m's blog
3 Jun 2014

bullying di internet

Author: ahmad.umam.m | Filed under: Uncategorized

Forum -forum diskusi di internet merupakan media yang nyaman untuk para orang –orang yang tidak bertanggung jawab melancarkan aksi mereka. Situs seperti kaskus, indowebster dan forum – forum diskusi yang lainnya di internet menyediakan layanan akun dengan hanya mendaftarkan email tanpa harus mencamtumkan identitas diri yang lain seperti nama asli, no ktp atau semacamnya sehingga terdapat banyak akun anonym yang akan dapat dengan bebas ikut berdiskusi pada akun tersebut. Hal ini meyebabkan akan ada niatan dari user tersebut untuk melakukan tidakan – tidakan kriminal seperti pencemaran nama baik, bullying pada orang lain dan sebagainya. Seharusnya dengan langkah – langkah pencegahan seperti harus menampilkan identitas diri yang sebenar – benarnya hal – hal tersebut dapat dikurangi.

 

Seperti yang pernah penulis alami pada situs goal.com, yaitu situs yang sebenarnya  hanya menyediakan berita bola baik luar maupun dalam negeri, yang seharusnya tidak ada hal –hal yang berbau bullying terjadi tetapi tetap terjadi juga. Pada situs ini menyediakan fasilitas berupa user dapat berkomentar pada setiap artikel – artikel yang diterbitkan oleh situs tersebut. Fasilitas yang seharusnya digunakan untuk mengomentari artikel tersebut malah digunakan untuk ajang bullying oleh sebagian orang. Untuk berkomentar pada situs goal.com ini tidak perlu menggunakan identitas diri maupun nama asli tapi bisa langsung komentar menggunakan nama anonymous sehingga tindakan criminal tidak dapat terelakan.

 

Pada suatu artikel penulis pernah berkomentar yang sebenarnya relevan dengan artikel tersebut tanpa ada kata – kata yang berbau SARA, tetapi dengan nyamannya terdapat user yang seenaknya sendiri berkata –kata kotor dan berunsur SARA yang sangat menyinggung penulis, dan karena nama akun tersebut anonymous maka tidak ada tidakan hukum yang dapat dilakukan untuk menghakimi user tersebut sesuai dengan hukum yang berlaku. Jika semisal identitas user tersebut dapat diketahui maka user tersebut dapat dihakimi seperti pada kasus prita muliyani. Oleh karena itu penulis ingin menyampaikan unutk selalu berhati –hati dalam berkomentar atau berdiskusi di internet dan kalu bisa cari forum yang mengharuskan menggisi biodata yang sebenar – benarnya sehingga dapat menggurangi resiko criminal di internet.

Leave a Reply